5 Destinasi Wisata Malahayu yang Cocok untuk Liburan Keluarga

Sumber foto Instagram Ahied


Assalamu’alaikum !
Tulisan kali ini adalah review tentang destinasi wisata di Desa Malahayu nih, ada Waduk Malahayu ini merupakan wisata tertua ditanah kelahiranku Kabupaten Brebes. Dulu hanya ada wisata waduk saja, tapi sekarang Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes ini memiliki EduPark baru yang cukup lengkap untuk rencana liburan bersama pasangan maupun wisata keluarga nih. Jika berkunjung ke Desa ini, kita bisa mengunjungi 5 desinasi wisata sekaligus lhoo. Paket lengkap!
Sumber foto Instagram Mia Rahmi
Waduk Malahayu merupakan situs peninggalan kolonial belanda yang dibangun dari tahun 1935 sampai 1940. Luas waduk ini ± 944 ha dengan daya tampung 69.000.000 m3. Waduk malahayu digunakan sebagai penampungan air, yang saat musim kering digunakan untuk mengairi area sawah warga, luas cakupan irigasi waduk Malahayu mencapai 18.456 ha. 
Pemerintah setempat sudah bekerjasama dengan warga sudah banyak memperbarui wisata waduk malahayu ini sehingga pengunjung tidak hanya bisa berfoto dan menikmati keindahan waduk malahayu saja, tapi juga bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata lain disekitar waduk dengan tarif masuk kawasan wisata yang murah meriah, yaitu Rp. 6.000,- saja per-orang.
Di Waduk Malahayu ini wisatawan bisa juga menikmati keindahan waduk dengan berkeliling dengan perahu warga selama setengah jam. Tarif untuk berkeliling waduk dengan naik perahu hanya Rp. 10.000,- saja. Bagi wisatawan yang membawa anak-anak bisa juga berfoto bersama dengan tokoh kartun yang ada di sekitar waduk seperti Bumble Bee dan teman-temannya.

Sumber foto Instagram Solichatunnisa Amelia

Untuk para orangtua yang sedang mencari tempat berlibur yang aman dan edukatif untuk anak-anak, BBM Fantasy Land menjadi rekomendasi yang tepat. Wisata berkonsep taman bermain ini sangat tepat untuk dipilih sebagai objek wisata keluarga, selain bersih dan pasti aman, anak-anak bisa bermain di berbagai wahana permainan yang telah disediakan, baik didarat maupun diair. Di BBM Fantasy Land ada Bukit Cinta, permainan bola air, sepeda air, sepeda gantung, kolam terapi ikan dan curug pelangi sebagai icon yang menarik untuk berfoto. Tarif masuk BBM Fantasy Land sangat murah meriah, yaitu Rp. 5.000,- untuk orang dewasa dan gratis untuk anak-anak.
Wahana bola air yang bisa membuat anak-anak seolah berjalan dan berputar-putar dalam sebuah bola plastik diatas air menjadi daya tarik utama. Jika ayah dan bunda khawatir anak akan takut, bola air ini juga bisa digunakan untuk orang dewasa, jadi orangtua bisa menemani anak-anak di dalam bola air ini. Tarif yang dipasang untuk satu kali menyewa bola air adalah Rp. 15.000,- perorang dan kita sudah bisa bermain dan berputar-putar diatas air selama ±10 menit.


Sumber foto dari Instagram Solichatunnisa Amelia
Setelah wahana bola air, kolam terapi ikan. Orangtua bisa mengajarkan anak untuk berinteraksi langsung dengan ikan-ikan di kolam yang jumlahnya cukup banyak. Jika biasanya terapi ikan menggunakan ikan Garra Rufa yang berukuran kecil, di BBM Fantasy Land ini ikan yang digunakan untuk terapi berukuran besar dan bisa diberi makan langsung oleh pengunjung dengan makanan ikan yang sudah disediakan oleh pengelola wisata. Harga satu cup makanan ikan dijual dengan harga Rp. 5.000,- saja.
Selain bola air dan kolam ikan, di taman ini juga terdapat spot foto yang sangat unik, yaitu Curug Pelangi, karikatur warna-warni yang membentuk sebuah wajah berukuran besar dengan air mancur dibagian mulut karikatur. Spot foto ini sangat pas untuk foto bersama keluarga atau ramai-ramai bersama teman sebelum pulang.

Sumber foto Instagram Fachtur

Spot foto lain yang tidak kalah fotogenic dan instagramable adalah Bukit Cinta. Masih berada dalam kawasan BBM Fantasy Land, bukit yang penuh dengan berbagai jenis bunga ini menjadi favorit para pengunjung untuk berfoto. Tertanam 1.000 bunga matahari yang terhampar sepanjang bukit ini dengan diihiasi puluhan kincir angin kecil berwarna merah. Disisi lain bukit juga terdapat berbagai macam wahana bermain anak seperti jungkat-jungkit, ayunan, perosotan dan masih banyak yang lain.

Sumber foto Instagram Solichatunnisa Amelia

Jika anda ingin melihat waduk malahayu dari sisi yang berbeda, ada jalan setapak berupa anak tangga warna-warni yang disusun dari ban mobil bekas menuju puncak bukit yang lain lagi. Untuk bisa menikmati pemandangan Waduk Malahayu dengan lebih luas, kita perlu berjalan menapaki anak tangga ± 300m dari gerbang masuk Benteng Dinamit. Dipuncak kita bisa naik ke atas Gardu Pandang atau menara buatan dari kayu, gardu pandang ini biasa digunakan untuk melihat Waduk Malahayu dari sisi yang berbeda.
Sumber foto Instagram Danu Mustofa Ardiansyah

Tarif masuk Situs Benteng Dinamit ini hanya sebesar Rp. 3.000,- perorang, sudah termasuk untuk naik keatas Gardu Pandang. Selain untuk berfoto dan pemandangan yang lebih memuaskan, bukit ini dipenuhi dengan pepohonan yang cukup banyak sehingga memberikan kesan sejuk dan nyaman untuk istirahat dan makan siang. Jika anda tidak ingin berjalan terlalu jauh untuk sampai ke puncak, ada beberapa gazebo atau saung-saung bambu dipinggir anak tangga yang bisa digunakan untuk istirahat dan makan bersama.

Sumber foto Instagram Solichatunnisa Amelia

Jika kita biasa lihat kampung pelangi yang ada di Semarang, Malang dan Yogyakarta, kali ini Desa Malahayu juga menawarkan kampung pelangi yang tidak kalah uniknya. Walaupun bukan satu-satunya di Indonesia, tapi kampung pelangi di Desa Malahayu ini menjadi satu-satunya yang dibuat oleh warga. Dikordinir oleh ketua Pokdarwis Geger Halang, kampung pelangi ini diharapkan mampu menarik lebih banyak wisatawan untuk datang ke obyek wisata Waduk Malahayu. Warna-warni rumah warga menjadi latar belakang yang cantik untuk berfoto. Selain cantik, Kampung Pelangi ini juga bersih lho, wisatawan dan warga Kampung Pelangi selalu diminta untuk menjaga kebersihan Kampung Pelangi dari sampah.
Sumber foto Instagram Intan Khoirun Nisa
Selain menjadi objek foto yang menarik, di Kampung Pelangi ini kita juga bisa menemukan beberapa oleh-oleh khas Desa Malahayu yang dibuat langsung oleh warga sekitar, yaitu tape ketan daun jambu. Bagi pecinta tape ketan wajib mencicipi tape ketan khas Desa Malahayu ini. Jika biasanya tape ketan dibungkus dengan daun pisang, disini tape ketan akan dibungkus dengan daun jambu. Seperti tape ketan pada umumnya yang terbuat dari beras ketan, tape khas Desa Malahayu yang dibungkus dengan daun jambu ini memiliki rasa dan aroma yang lebih kuat dari biasanya.

Sumber foto Instagram Project Fighters
Satu lagi tempat yang bisa digunakan untuk bersantai bersama keluarga menikmati keindahan Desa Malahayu dari ketinggian, yaitu Rumah Pohon Bukit yang berada di Dadablangan, Dukuh Cawiri, Desa Malahayu. Rumah Pohon ini berupa saung-saung tinggi yang memang dirancang untuk menikmati keindahan Desa Malahayu dari atas ketinggian. Kita bisa bersantai dan makan bersama di saung ini dengan pemandangan langsung ke Gunung Kumbang, Waduk Malahayu dan hutan kayu jati. Jika anda tidak sempat menyiapkan bekal makanan untuk makan bersama keluarga, disini sudah tersedia berbagai warung yang menyediakan banyak jenis makanan yang bisa kita pilih. Harga tiket masuk objek wisata ini hanya sebesar Rp. 5.000,- saja.

Ada dua macam ukuran dari Rumah Pohon ini, jika anda hanya datang berdua dengan pasangan anda bisa memilih rumah pohon yang kecil, tapi jika anda datang membawa keluarga besar, anda bisa memilih rumah pohon yang besar. Rumah Pohon yang berada di Bukit Dadablangan ini juga menyediakan fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari tempat parkir luas, toilet, mushola dan tentunya tempat sampah yang disediakan sepanjang jalan untuk tetap menjaga kebersihan.
Di Bukit Dadablangan ini juga ada mini Flying Fox yang bisa kita gunakan baik untuk orang dewasa maupun anak-anak, bagi wisatawan yang ingin mencoba Flying Fox tapi takut dengan ketinggian, wahana ini bisa menjadi percobaan pertama anda. Ada juga wahana panjat tebing dan spot foto terbaik untuk berfoto dengan latar belakang rumah pohon dan Waduk Malahayu
.
Bagi yang memiliki komunitas atau organisasi dan membutuhkan tempat kegiatan bertemakan Out Bond, Bukit Dadablangan ini juga menjadi rekomendasi yang cocok untuk lebih dekat dengan alam.


Sumber foto Instagram UJA
Lengkap, yaa!
Mulai dari spot foto yang fotogenic dan instagramable,tempat bermain sampai tempat istirahat untuk makan siang selama liburan sudah ada di Wisata Desa Malahayu ini. Rangkaian wisata yang recomended banget untuk para remaja bersama teman bermain hingga Ayah Bunda yang sedang mencari wisata keluarga yang aman dan juga edukatif untuk anak-anak.
Untuk lokasinya sudah bisa ditemukan di Goggle Maps, yaa. Atau bisa klik link ini Lokasi Waduk Malahayu untuk melihat rutenya. Apabila masih ingin tau seputar wisata di Kabupaten Brebes bisa juga kunjungi instagram Pariwisata Brebes untuk liat-liat dulu wisata yang menarik untuk dikunjungi.
Terakhir, terima kasih banyak yang sudah membaca tulisan di blog ini. Semoga memberikan informasi yang bermanfaat  dan mendatangkan kebaikan untuk kita semua. Barokallah!



Komentar

  1. Ini merupakan ke elokan wisata alam Indonesia nih, khususnya Brebes luar biasa indahnya. Dan sangat berpotensi sebagai objek wisata rekreasi serta sebagai penghasilan tambahan untuk SDM warga Brebes juga yg lokasi rumahnya dekat tempat wisata. Terus maju untuk wisata Brebes dan Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih do'anya Kak, semoga Brebes terus maju disemua sektor.

      Hapus
  2. Suka dg review dari mbak Melly ini. Bahasa ringan dan santai. Pembaca seakan dibawa untuk berada di tempat tersebut. Jadi pengin berkunjung ke Waduk Malahayu.

    Yukk aah yg mau kesitu siapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh terimakasih banyak Mas Noer Hadie, semoga betah terus baca tulisankuu..

      Hapus
  3. Dulu ke Malahayu belum ada apa-apa masih hanya pemandangan waduk dan wisata perahu mengelilingi waduk, kini perkembangan pesat terjadi atas kemauan bergeraknya warga dalam membangun daerahnya.
    Sebuah progres yang baik juga untuk destinasi wisata kabupaten Brebes.
    Dan diharapkan daerah lainnya pun ikut bergerak demi membangun kabupaten Brebes tercinta. Saya kira Brebes tidak kekurangan tempat wisata, asal masyarakatnya mau bergerak dan membangun seperti Pokdarwis (kelompok sadar wisata) desa Malahayu.
    Bidadari ku juga terlibat dalam pembangunan desa wisata ini lho ehheehe~
    Semoga Brebes semakin maju dan itu dimulai dari kita sendiri sebagai masyarakatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah pembangunan wisata di Kabupaten Brebes terus membaik Kak, semoga semakin baik disemua sektornya, dan semoga Si Kakak segera ketemu sama Bidadarinya yaa...

      Hapus
  4. Kapan kapan, boleh ajak aku ke situ mel. Destinasinya apik.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. KUYYY Mbaaak, ku ajak keliling Brebes makan sate blengong, beli telor asin sama bawang goreng hahaa

      Hapus
  5. Baru tau kalo ada tempat wisata sebagus itu di sana. Terima kasih infonya. Masuk list destinasi yg harus dikunjungi nih.

    BalasHapus
  6. Bagus banget tempatnya untuk liburan nih. Jadi pengen segera kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah semoga cepet dikasih rejeki buat liburan ke Desa Malahayu, yaaa..

      Hapus
  7. Waaaah wisata alternatif nih. Seger euy

    BalasHapus
  8. Wah, menarik nih lokasinya. semoga semakin banyak dikunjungi yaa, biar meningkatkan perekonomian Brebes.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Allahumma aamiin, terimakasih doanya Kak, semoga bisa singgah dan berlibur di Brebes

      Hapus
  9. Suka banget sama review-nya..sangat informatif

    BalasHapus
  10. Semoga bisa mampir ke brebes dan menikmati keindahan alamnya suatu saat nanti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. seemoga segera bisa berlibur kesini Kak.

      Hapus
  11. Baru tau Malahayu udh bagus....dulu kesana msh sepi...dn blm rameh...skrg...berp thun d jakarta dh berubah...semoga tmbh sukses dn tmbh bagus y...tunggu qt d Malahayua....

    BalasHapus
  12. tempatnya bagus sekali indonesia memang patut di acungi jempol kalo membahas tentang pariwisata , kekayaan alam , kearifan lokal nya yang dapat menarik perhatian para pelancong , semoga pemerintah memberikan perhatian lebih untuk penduduk sekitar areal pariwisata untuk memberikan pelatihan Les Bahasa Inggris agar mereka dapat memberikan pelayan terbaik untuk tamu tamu mancanegara.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW & Energi Baik Buku NKCTHI

Mulai dari Karyawan, Semua Orang Bisa Jadi Entrepreneur